Rabu, 05 Juni 2013

7 Hal Dan Aturan Penting Saat Berwisata Ke Vihara

Untuk para wisatawan dan pecinta budaya, vihara sudah menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik didatangi. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilihat dan diperhatikan saat akan berkunjung ke tempat ini, ada aturan penting saat berwisata ke Vihara.

Menjadi tempat suci atau tempat ibadah, vihara tidak hanya dikunjungi dalam rangka kegiatan wisata rohani untuk agama Budha namun terkadang yang tidak menganut agama Budha juga kerap datang ketempat ini. Selain itu tempat ibadah ini sangat menarik karena terdapat budaya yang tersimpan di sana. Namun ada aturan penting saat berwisata ke Vihara.


1. Lepas sepatu dan topi

Vihara merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha. Untuk itu Anda tentu harus tetap menjaga kebersihan, khususnya untuk tempat atau lokasi sembahyang. Begitu masuk kedaerah sembahyang, sepatu dan topi anda harus segera dilepas tanpa diminta.

2. Memakai pakaian sopan

Begitu anda ingin meakukan wisata rohani tujuannya tempat ibadah, anda harus segera menggunakan pakaian sopan. Pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh atau terlalu mini sebaiknya disimpan dan tidak dikenakan. Hal ini menjadi bagian penghormatan Anda kepada tempat ibadah.

3. Matikan ponsel

Tujuan mematikan ponsel, agar ibadah tidak terganggu. Hal ini akan menciptakan rasa aman dan nyaman saat sedang berwisata kesana dan tidak akan mengganggu umat yang sedang ibadah dengan bunyi ponsel anda.

4. Jangan sentuh patung Buddha

Ini merupakan hal yang utama dan harus diperhatikan, jangan menyentuh patung Buddha tanpa izin. Kecuali jika petugas memberi izin, maka hal ini tidak jadi masalah.

5. Meminta Izin saat mengambil foto

Pastinya saat akan berlibur akan banyak pengunjung yang ingin memontret tempat ibadah ini untuk dijadikan kenang-kenangan. Untuk bagian luar atau dalam, atau pun umat yang sedang ibadah selalu menarik untuk dipotret. Namun lebih baik meminta izin sebelum mengambil foto, sebagai bentuk rasa hormat.

6. Jangan makan di dalam vihara

Untuk masalah kebersihan sebaiknya para pengunjung tidak makan selama melakukan wisata rohani. Makanlah sebelum atau setelah selesai berkunjung ke vihara. Jangan sekalipun hal tersebut membuat tempat ibadah ini menjadi kotor.

7. Tanya aturan sebelum berfoto dengan patung Buddha

Ingin berfoto dengan patung Buddha yang indah harus terlebih dahulu mengetahui aturan penting saat berwisata ke Vihara. Biasanya Vihara memperbolehkan dengan pose yang sopan. Namun di di Sri Lanka, aturan ketat untuk berfoto bersama patung Buddha. Wisatawan jangan membelakangi Buddha karena dianggap tidak sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.