Jumat, 07 Juni 2013

Lima Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Homestay

Homestay adalah salah satu pilihan yang menarik saat akan menginap pada saat berwisata. Menginap di homestay menjadikan anda harus bergabung dengan masyarakat setempat. Tinggal satu atap, berbagi kamar dan merasakan adat istiadat di daerah tujuan wisata anda.

Namun ada beberapa hal yang wajib dilakukan saat homestay. Di Indonesia, homestay ada di beberapa tempat seperti di kota-kota besar dan desa wisata. Sawahlunto di Sumatera Barat memiliki Asosiasi Homestay Sawahlunto yang punyai peraturan homestay untuk wisatawan.


Bali merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan domestik dan mancanegara yang mempunyai Perda sendiri mengenai peraturan homestay untuk wisatawan. Banyak homestay yang terletak di wilayah ramai turis seperti Kuta dan Ubud dengan peraturannya yakni.

1. Kebersihan

Menurut Dr Ir Gede Pitana, homestay tersebut harus bersih dan memiliki sanitasi yang baik. Hal ini akan menjadikan para penginap akan betah dan nyaman berada di homestay.

2. Memiliki tata cahaya yang baik

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah pencahayaan dalam homestay. Tata cahaya yang cukup dan baik untuk ruangan menjadi hal yang penting dalam cara memilih homestay.

3. Gangguan suara

Para wisatawan bisanya ingin mendapat tempat yang tenang dan nyaman untuk istirahat. Tidak adanya gangguan suara merupakan hal yang menjadi nilai tambah, jika anda menginap di tempat yang berisik pasti akan mempengaruhi kenyamanan liburan.

4. Toilet

Toilet adalah hal keempat yang menjadi perhatian dalam memilih homestay. I Gede Pitana mengatakan pada zaman dulu banyak rumah dengan toiletnya yang ada jauh di halaman rumah. Untuk homestay, toilet harus berada di dalam atau setidaknya menempel dengan rumah.

5. Air bersih dan sehat

Air bersih dan sehat merupakan hal yang juga dibutuhkan pada saat para wisatawan homestay. Baik untuk minum, mandi dan lainnya, tentunya wisatawan akan sangat butuh air yang bersih dan sehat. Dan merupakan hal yang penting cara memilih homestay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.