Kamis, 06 Juni 2013

Perhatikan 9 Hal Penting Saat Melakukan Wisata Kemping

Wisata Kemping merupakan salah satu cara yang banyak dipilih para wisatawan jika ingin melakukan wisata alam bebas dan berbeda tentunya. Jika Anda suka dan ingin mencobanya, ada beberapa hal yang harus anda perhatian yaitu hal penting agar kemping lancar dan menyenangkan.


1. Cari tahu lokasi wisata

Mencari lokasi adalah hal utama sebelum ingin melakukan wisata kemping. Anda harus melihat lokasi yang mendukung kegiatan kemping anda, seperti pada lahan untuk kemping, keamanan, hingga temperatur sekitar harus dicari tahu.

2. Baca aturan di lokasi kemping

Setelah mendapat lokasi kemping, tugas selanjutnya adalah mengetahui aturan menginap di sana. Apakah akan menggunakan biaya atau tidak. karena biasanya lokasi seperti ini akan mewajibkan memakai biaya masuk.

3. Lengkapi peralatan kemping

Mengetahui semua aturan di lokasi, lengkapi peralatan yang akan dibutuhkan selama berwisata alam bebas. Anda harus menyesuaikannnya pada lokasi tempat anda, Jika udara dingin, jangan lupa membawa jaket dan sleeping bag. Jika lokasi tanah keras, gunakan matras tipis sebagai alas.

4. Siapkan tenda terbaik

Pastikan tenda yang akan anda gunakan baik dan berbahan kuat. Pastikan tenda yang akan Anda pakai kuat dan tidak mudah sobek. Ini merupakan bagian dari hal penting agar kemping lancar.

5. Gunakan flysheet

Flysheet merupakan kain yang biasanya berguna untuk menjadi penutup bagian atas tenda. Ini untuk mencegah air hujan langsung jatuh ke tenda. Jenis flysheet yang baik dipakai yaitu dari bahan nilon. Flysheet nilon merupakan kain anti air yang baik untuk mencegah air masuk ke tenda.

6. Sharing barang dengan teman

Saat melakukan kemping, usahakan hanya menggunakan satu tas agar anda tidak kerepotan. Untuk itu bawalah barang yang anda butuhkan saja. Jika perlu, boleh berbagi dengan dengan teman seperjalanan.

7. Jangan Buang sampah Sembarangan

Hal lain yang tidak boleh tidak dilakukan adalah menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Gunakan satu kantung plastik khusus untuk tempat sampah agar kebersihan tetap terjaga dan ini hal penting agar kemping lancar.

8. Olahraga sebelum kemping

Olahraga merupakan hal yang utama yang dapat dilakukan para pengunjung sebelum kemping, terutama untuk Anda yang suka melakukan perpindahan tempat kemping. Wisata Kemping seperti ini akan membawa tenda, matras, dan barang lain memakai pundak sepanjang jalan. Fisik yang kuat tentu diperlukan.

9. Jangan minum air danau

Jika anda kehabisan persediaan air minum, anda dapat menggunakan air sungai sebagai penggantinya. Namun sebaiknya untuk air danau jangan pernah menggunakan airnya. Karena air danau berpotensi menyebabkan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.